Minggu, 31 Oktober 2010

KPUD Torut Distribusikan Logistik Pilkada Toraja Utara 2010




KPUD Torut Distribusikan Logistik di Pilkada Torut 2010 : Komisi pemilihan umum (KPU) Toraja Utara mulai mendistribusikan logistik Pilkada Toraja Utara (Torut) 2010 ke tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK), Kamis (28/10). Sementara surat suara mulai disortir sejak"Seluruh logistik pilkada Toraja Utara sudah tidak ada masalah lagi. Distribusi logistik akan dilakukan secara bertahap ke tingkat PPK dan dimulai hari ini (kemarin-red) kemudian diteruskan ke tingkat PPS hingga KPPS ," kata ketua KPU Toraja Utara, Yohanis Banga Rombe kepada Palopo Pos di kantornya, Kamis kemarin.

Dia mengatakan, logistik Pilkada Torut yang mulai didistribusikan yakni, formulir data pemilih, kartu panggilan pemilih, stiker daftar pemilih, serta alat tulis kantor (ATK). Logistik itu diangkut menggunakan enam unit truk yang selanjutnya didistribusikan ke 20 kecamatan se-Toraja Utara. Sementara logistik Pilkada untuk satu kecamatan lainnya, yakni kecamatan Awan Rante Karua belum disalurkan menyusul belum tersedianya kendaraan khusus (mobil double gardan) pengangkut logistik disebabkan jalur yang akan dilewati sulit dilalui kendaraan biasa.

Rombe juga menjelaskan, untuk menjamin keamanan logistik pilkada sampai ke tempat tujuan, proses pendistribusian akan dikawal aparat keamanan dari Polres Toraja. Namun dia enggan menyebutkan berapa jumlah personil aparat keamanan yang mengawal logistik tersebut. Sementara itu, logistik lainnya, yakni surat suara sudah mulai disortir oleh 53 pekerja yang dikontrak khusus oleh KPU. Proses penyortiran surat suara ini dikawal secara ketat oleh belasan aparat kepolisian. Rombe menyatakan proses sortir kertas suara ini akan berlangsung sekitar tiga hari. Jumlah surat suara yang disortir sebanyak 156.084 lembar plus 2,5 persen surat suara cadangan.

"Proses penyortiran ini bertujuan untuk melipat dan memeriksa kalau ada yang rusak akan dipisahkan dan diganti," jelasnya. Lebih lanjut dijelaskan, proses distribusi logistik hingga ke tingkat TPS direncanakan hingga maksimal tiga hari sebelum hari H pencoblosan tanggal 11 November mendatang. Proses pendistribusian logistik Pilkada kemarin diawali dengan pembukaan gudang logistik yang disaksikan oleh caretaker bupati Toraja Utara, Tautoto Tanaranggina, Kapolres Tana Toraja, Dandim 1414 Tana Toraja, Ketua Pengadilan Negeri Makale, dan tim pemenangan tujuh pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja, AKBP Yudi AB Sinlaeloe menyatakan, pihaknya siap mengawal proses pendistribusian logistik dalam hal keamanan hingga berjalan lancar hingga tiba di tempat tujuan tanpa kendala. “Setiap proses pendistribusian logistik ada aparat polres Tana Toraja yang ikut melakukan pengawalan. Kami Cuma mengawal dari segi keamanannya. Soal teknis pendistribusian logistik itu wewenang KPU sebagai penyelenggara pilkada,” tandasnya.

Baca juga :
Daftar Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara 2010 

Pilkada Toraja Utara, Hasil Quick Count Pilkada Toraja Utara, Hasil Pilkada Toraja Utara
===========

'>
Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA