Rabu, 17 November 2010

Soal CPNS 2010




Soal CPNS 2010 : Jawaban pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terhadap soal-soal yang diberikan saat tes nanti, akan diperiksa oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Ini berdasarkan keputusan dari pusat. ‘’Perguruan tinggi yang terlibat dalam pengoreksian jawaban tes, itu adalah mereka yang mengajukan diri,’’ ungkap Sekdaprov AM Firdaus melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husnaini kepada koran ini.

Dirinya juga mengakui memang tidak melibatkan pihak perguruan tinggi dalam pelaksanaan tes kali ini. Karena, perguruan tinggi yang dilibatkan tersebut katanya, sudah ditentukan oleh pusat.

‘’Ketentuannya sudah seperti itu,’’ terangnya.

Mengenai proses penerimaan CPNS, dirinya mengatakan saat ini pihak Pemprov sedang melakukan penerimaan lamaran. Hanya saja, terkait dengan berapa jumlah pelamar, dirinya mengakui belum mengetahuinya.

‘’Hari Senin saja, kamu tanyakan ke staf saya,’’ tukasnya.

Mengenai, persyaratan pelamar dari luar daerah, dirinya menyatakan, semuanya sudah tertera dalam penguman CPNS tersebut. ‘’Lihat saja pengumumannya,’’ sebutnya.

Rektor Universitas Jambi, Kemas Arsyad Shomad SH MH mengaku tidak begitu kecewa karena perguruan tinggi lokal Jambi tidak dilibatkan. Hanya saja, dia meminta agar proses seleksi CPNS kali ini memang berlangsung transparan.

‘’Kita minta ini transparan dan tidak ditutup-tutupi. Lakukanlah tes dengan seadil-adilnya,’’ ungkapnya.

Dia sendiri mengapresiasi pemerintah yang telah berusaha melibatkan perguruan tinggi dalam pelaksanaan tes CPNS. Menurutnya, perguruan tinggi merupakan institusi yang netral. Sehingga, jika dilibatkan, akan menghasilkan proses penerimaan CPNS yang transparan.

‘’Kita ini merupakan institusi netral. Dengan demikian di harapkan proses penerimaan CPNS tersebut bisa memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk turut serta,’’ tukasnya.

Sayangnya, Rektor IAIN STS Jambi, Prof Dr Mukhtar Latif tidak berhasil dihubungi koran ini. Beberapa kali ditelepon, nomor selalu bernada tak aktif.

Sementara itu, Peltu Kepala BKD Tanjabtim melalui Kabid Mutasi Firdaus menjelaskan CPNS yang mengikuti seleksi penerimaan CPNS tahun 2010 dilingkup Pemkab Tanjabtim diwajibkan tidak mengundurkan diri. Apabila telah diumumkan lulus dari tes terakhir. Apabila mengundurkan diri CPNS tesebut akan dikenakan ganti rugi.

Kepala BKD Tanjabtim, Darminto, mengatakan, CPNS harus memiliki komitmen yang tinggi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara khususnya daerah Kabupaten Tanjabtim. Selain itu, juga tidak akan menuntut pindah dari Pemkab Tanjabtim minimal 10 tahun.

‘’Seperti tahun sebelumnya, mereka (CPNS) juga harus membuat pernyataan tidak akan menuntut pindah dari Tanjabtim minimal selama 10 tahun,’’ ungkapnya.

Terkait tempat pelaksanaan ujian, dirinya mengatakan, itu akan ditentukan kemudian hari nanti. Dan ini baru ditentukan setelah ada lamaran yang masuk.

Untuk diketahui, formasi CPNS 2010 Pemkab Tanjabtim sebanyak 343, terdiri dari formasi guru sebanyak 124, Kesehatan 101 dan tenaga teknis 118. Kualifikasi pendidikan minimal DII PGTK, sedangkan untuk tamatan SMA sederajad tidak diakomodir.

'>
Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA