Minggu, 12 Desember 2010

Situs CNN dan BBC Diblokir China




Situs CNN dan BBC Diblokir China : Sejak sehari jelang penganugerahan hadiah Nobel, China memblokir situs web berita internasional seperti CNN dan BBC serta situs berita Norwegia NRK. Hal ini berkaitan dengan penolakan China atas terpilihnya tokoh HAM Liu Xiaobo sebagai penerima Nobel Perdamaian 2010 yang kini menjadi tahanan politik.

"Kami bisa mengkonfirmasi bahwa semua situs BBC, tidak hanya berita saja, yang diblokir untuk pengunjung di China. Kami tidak sendiri. Hal yang sama juga dialami situs lain yang menyiarkan berita internasional. Kami sangat kecewa karena pengunjung kami di China tidak dapat mengakses karya jurnalistik kami yang imparsial dan independen," ujar juru bicara BBC, Kamis (9/12).

Sebelumnya China juga mencegah siaran televisi tentang pengumuman penerima Nobel dua bulan lalu kepada Xiaobo dengan cara memblokir pengiriman berita televisi lewat satelit. Laporan terakhir menyebutkan CNN, BBC, dan TV5 Perancis tak bisa mengirimkan berita ke China.

Pemerintah China memang menolak pemberian Nobel Perdamaian terhadap Xiaobo yang disebutnya sebagai pelaku kriminal biasa. Menurut China, pemberian Nobel tersebut merupakan bentuk intervensi asing terhadap masalah dalam negerinya. China bahkan mengklaim dapat sokongan dari sejumlah negara dengan menolak hadir dalam penganugerahan Nobel di Norwegia, Jumat (10/12/2010) ini.

Pembatasan terhadap informasi selama ini memang menjadi alat diplomasi China yang banyak dikecam banyak negara prodemokrasi. China juga melakukan kebijakan sensor terhadap konten internet dengan menerapkan filter tunggal yang dikendalikan pemerintah.

'>
Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA