Rabu, 28 April 2010

5 TIPS AGAR TETAP POSITIF DI SAAT MENGANGGUR




Menjadi pengangguran memang tidaklah mudah, apalagi di masa ekonomi sulit seperti sekarang ini. Berbagai permasalahan menghadang dari keuangan hingga hubungan sosial. Jika tidak pandai mengelola emosi selama menganggur, bukan tidak mungkin seseorang kehilangan semangat hidupnya.

Faktanya, sebuah studi di Rutgers University menemukan bahwa mayoritas penduduk Amerika Serikat yang menjadi pengangguran mengalami rasa cemas dan depresi. Namun mereka mempunyai sejumlah cara untuk menjaga semangat tetap menyala selama melewati masa-masa sulit tersebut:

1. Menjaga fisik dan emosi
Selama masih bekerja, Anda mungkin menghabiskan begitu banyak waktu duduk di depan layar komputer. Kini, sudah waktunya menyisihkan waktu untuk lebih memperhatikan kesehatan fisik dan emosional Anda. Kathy Robinson, konsultan karier dan bisnis, menganjurkan untuk menggunakan periode ini guna membangun kebiasaan yang lebih sehat.

Sejumlah perubahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menambah jam tidur atau berjalan kaki selama 20 menit setiap pagi, dapat membantu memperbaiki suasana hati dan level energi. ''Masalah finansial dan emosional yang dirasakan ketika menganggur bisa menyebabkan stres tingkat tinggi. Oleh karena itu, aktivitas apa pun yang berhubungan dengan kesehatan bisa mengurangi stres akibat mencari pekerjaan,'' ujarnya.

2. Mengejar minat
Selama ini Anda barangkali memiliki hasrat tersembunyi yang terpaksa ditekan karena kesibukan pekerjaan. Misalnya hasrat untuk belajar piano atau membuat film dokumenter. Apa pun hasrat tersebut, sekaranglah waktu yang paling sempurna untuk mewujudkannya. Berikan diri Anda kesempatan mengejar sesuatu yang selama ini selalu diimpi-impikan.

''Sangat penting menjaga pikiran agar tetap aktif, sibuk dan terlibat mengerjakan hal-hal yang Anda sukai,'' ujar Susan Wilson Solovic, penulis buku The Girls' Guide to Building a Million Dollar Business. Siapa tahu minat Anda itu bisa menjadi peluang baru sebagai bidang karier.

3. Aksi sosial

Menjadi sukarelawan bisa membantu Anda mengabaikan ketidakberuntungan yang terjadi dan bersyukur atas segala hal yang dimiliki. Dedikasikan sebagian waktu Anda setiap minggu untuk bekerja di lembaga nonprofit. Selain mampu memberikan makna hidup, aktivitas tersebut juga bisa membantu Anda memperluas jaringan dan membangun keahlian baru. Menurut Cheryl Palmer, pelatih karier eksekutif bersertifikasi, menjadi sukarelawan memungkinkan calon majikan potensial mengobservasi etika bekerja Anda secara realitas.

4. Memasarkan diri

Dalam dunia kerja saat ini, memiliki gelar akademis saja tidak menjamin seseorang mendapatkan pekerjaan yang bagus. Seiring kompetisi yang kian ketat di bursa kerja, para pencari kerja harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan perhatian calon majikan potensial.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui hal apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain dalam bidang yang sama, dan apa kekurangan Anda. Jika Anda menemukan diri kurang mampu bersaing di bursa kerja, periode menganggur seperti sekarang bisa digunakan untuk mengasah bakat guna menarik minat calon tempat kerja Anda nantinya.

5. Mencari dukungan
''Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang peduli menjadi sangat penting untuk membantu membangun rasa percaya diri Anda,'' ujar Solovic. Oleh karena itu, tidak ada salahnya berinvestasi ke dalam persahabatan untuk membantu melewati masa sulit ini. Tidak ada obat yang lebih mujarab selain mendapatkan dukungan dari sejumlah teman terdekat Anda. (BI-2010)

'>
Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA