Senin, 03 Desember 2012

Cara Upgrade OS Blackberry anda ke OS versi Terbaru

PAKAR INFO : Cara Upgrade OS Blackberry anda ke OS versi Terbaru - OS adalah singkatan Operating System. BlackBerry device adalah smartphone seperti komputer dimana PC ada Windows OS, Mac ada MacOS dan sebagainya. BlackBerry device juga punya OS tersendiri untuk beroperasi devicenya. Seperti OS windows dan mac, OS BlackBerry juga sering di update dengan versi baru untuk memperbaiki system operational / kerja devicenya. Dan RIM menyediakan update OS tersebut secara gratis download melalui website official. User BlackBerry dapat mendownload OS dari website RIM dan instal upgrade sendiri secara mudah. 

- RIM menyediakan OS khusus buat setiap device, ada harus pilih dan download OS sesuai jenis/model BlackBerry anda. 
- OS resmi/official disediakan dengan bundling operator untuk beroperasi lancar dengan menu khusus operator (jika ada).
- RIM tidak menyediakan setiap update OS untuk setiap operator, namum anda bisa gunakan OS terbaru buat jenis BlackBerry anda dari operator lainnya hanya dengan hapus satu file di dalam file download yaitu file vendor.xml(perhatikan: jenis model BlackBerry tetap harus sama) 
- Tidak setiap device bisa support OS tertinggi yang dirilis oleh RIM (i.e OS6/7) karena device memory tidak mendukung OS yang memerlukan memory tinggi untuk menjalankannya. RIM akan rilis OS yang cocok buat device anda. Jika anda tidak menemukan OS6/7 untuk device anda, berarti device anda memang tidak mendukung. Baca BlackBerry OS6 supported device, BlackBerry OS7 hanya tersedia untuk device keluarkan tahun 2011 .

RIM sering release OS update buat devicenya, ada jenis LEAKED version sampai ke Official / Resmi. Leaked OS adalah OS beta, yang belum resmi dirilis via website resmi. Anda harus bersedia menemukan error jika menginstal Leaked OS. Official OS adalah OS yang dirilis secara resmi. 

Upgrade OS Blackberry cukup mudah dan dapat di upgrade oleh user sendiri. Sudah banyak user yang suka main install BB nya sudah coba upgrade Operating System (OS) Blackberry nya ke OS terbaru dengan sukses. Karena RIM release OS sesuai dengan operator BIS dalam saat yang berbeda, kadang OS tersebut belum tersedia untuk provider / operator yang kami gunakan. 

Namun anda masih dapat menggunakan OS tersebut dengan hapus satu file yaitu vendor.xml yang ada di folder OS jika OS yang direlease bukan utk operator anda. (OS tetap resmi dari RIM tapi tidak resmi untuk operator anda) Contohnya, RIM bisa saja release OS5 terbaru untuk operator Vodafone di UK dan belum ada OS tersebut untuk operator Indonesia. Anda bisa download OS tersebut yang cocok untuk jenis BlackBerry anda dan instal ke BlackBerry anda yang bukan dari operator yang sama. Browse dan download OS terbaru buat BlackBerry Device anda di category BlackBerry OS Firmware .
NB: Anda hanya bisa download dan instal OS yang tertera jenis/model device anda, tidak bisa instal OS untuk device lainnya.  

Cara upgrade OS tersebut dibawah tetap sama jika anda ingin instal OS Leak dengan harus hapus file vendor.xml jika OS yang direlease bukan utk operator anda. (Baca apa itu OS Leaked Blackberry) Beberapa toko HP Blackberry menawarkan service upgrade OS versi terbaru dengan harga jasa Rp100.000-Rp250.000. Sarannya jika anda user baru BlackBerry, gunakanlah layanan mereka jika memang inginkan upgrade OS terbaru biar tidak pusing. Untuk yang lebih faham IT, anda bisa upgrade sendiri dengan petunjuk cara yang di gunakan BerryIndo.com dibawah. 


Cara Upgrade OS Blackberry anda ke OS versi Terbaru memerlukan waktu sekitar 50mins-70mins untuk backup, upgrade os dan restore data kembali. 

1. Instal BlackBerry Desktop Manager ke komputer anda dari CD atau website BlackBerry.com/desktop 

2. Download OS dari website Blackberry Firmware atau category Blackberry OS Firmware ke komputer anda. penting, pilih sesuai jenis BlackBerry anda. Download OS terbaru. 

3. Setelah download, klik file exe yang anda download (OS) untuk Install OS ke komputer yang akan diupgrade via komputer. Penting Restart komputer anda. 

4. Hapus vendor.xml di C drive - program files - common files - research in motion - app.loader.
5. Back up data handheld BlackBerry ke komputer dengan Desktop Manager, Baca Cara Backup Blackberry dengan Desktop manager. 

6. Matikan network copot memory card anda (optional) 

7. Wipe handheld (optional hanya untuk hanheld yang memang sudah bermasalah) di BlackBerry dengan cara option - security options - general settings - pencet tombol menu BB - wipe handheld. Tunggu sampai dengan proses wipe kelar. Kalau OS masih yg 4.2 wipe include 3rd party, kalau OS 4.5 tidak usah. Tapi kalau tidak yakin, wipe semuanya daripada crash. 

8. Klik icon untuk buka software desktop manager, colok BlackBerry nya ke komputer untuk di connect ke desktop manager

9. Desktop manager akan otomatis detect untuk synchronize data, lalu akan otomatis check for updates yang muncul OS versi terbaru sebagai updates/upgrade, Ikut petunjuk. (kalau tidak terdetect, restart lagi komputer dan restart desktop manager. 
NB: Desktop Manager harus distart dan buka dari main menu.

10. Kalau desktop manager masih tidak mendetect OS baru, lakukan upgrade OS secara manual dengan tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor xml, (C drive - program files - common files - research in motion - app.loader) klik loader.exe dan ikuti petunjuk. (Jika masih tidak bisa detect OS baca kenapa dan cara fix error BlackBerry Desktop Manager tidak detect OS update ).

11. Tunggu sampai benar2 nyala dan booting sampai dengan home screen. Jangan cabut kabel atau mainin kabel data. 

12. Setelah OS telah diupdate, anda harus setting kembali, time, emails account settings, wifi dll… (untuk yang sudah punya BlackBerry ID, anda hanya perlu login ulang BlackBerry ID anda untuk kembalikan semua email accounts dan apps terinstal di appworld). 

Blackberry Tips Copyright by www.BerryIndo.com

Indahnya Berbagi… 

Sekali lagi, upgrade OS yang tidak resmi tidak menjamin semua Blackberry akan lancar, kami puas dengan hasil install dan upgrade belum tentu anda merasa sama. Maaf, kami tidak bisa memberikan support untuk anda selain informasi tersebut diatas. Download and Install at your Own Risk, read the terms of use .

Jika anda mengalami ERROR dimana BlackBerry anda restart terus menerus (reboot) dan tidak bisa masuk ke homescreen, berarti BlackBerry anda telah mengalami error OS yang di sebutkan sebagai NUKED BlackBerry, baca cara memperbaiki NUKED BlackBerry .

'>
Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA