Jumat, 06 Januari 2012

Jenis-jenis Hama Penyakit Pada Tanaman Jabon

PAKAR INFO : Jenis-jenis Hama Penyakit Pada Tanaman Jabon - Sebagaimana lazimnya para petani, ancaman yang paling ditakuti adalah kemunculan penyakit tanaman dan hama jabon. Kedua jenis parasit ini memiliki peran signifikan dalam menurunkan kualitas tanaman saat panen. Bahkan, lebih parah lagi ada beberapa jenis parasit yang berdampak pada matinya tanaman.

Untuk tanaman Jabon sendiri, ada 9 jenis penyakit yang kerap menyerang. Di antaranya adalah :

1. Bercak Daun
Ciri penyakit ini adalah munculnya bercak jaringan mati di daun yang berwarna kuning-coklat. Bercak tersebut ada yang berbentuk bulat, lonjong atau tidak beraturan.

2. Keriting Daun
Ciri penyakit hama jabon ini adalah daun menjadi terlihat keriting atau menggulung. Selain itu, terdapat bercak pada daun tersebut.

3. Embun Jelaga
Penyakit yang bernama lain Black Mildew ini cirinya muncul bercak hitam di permukaan daun bagian atas. Selain itu, batang muda berwarna hijau kekuningan atau cabang berwana coklat. Ciri lain adalah terdapat bercak menutupi seluruh permukaan daun.

4. Embun tepung
Penyakit ini menyebabkan permukaan daun terdapat bercak berwarna putih seperti tepung atau berwarna kapas. Selain itu, daun menjadi kuning, coklat atau hitam yang pada akhirnya rontok.

5. Busuk Akar
Penyakit ini menyebabkan daun jabon menguning dan layu. Bagian akar juga akan mengalami pembusukan yang ditandai dengan warna coklat. Selain itu, terdapat benang miselium jamur berwarna putih di pangkal batang dan permukaan akar Jabon.

6. Busuk Hati
Ciri Jabon yang terserang busuk hati adalah adanya cabang batang jabon yang patah dan luka. Selain itu, terjadi perubahan struktur kayu menjadi lunak dan berserabut.

7. Cacar Daun
Seperti pada manusia manusia, penyakit ini menimbulkan bintik yang menonjol di permukaan daun yang berwarna coklat-hitam. Selain itu muncul bercak kuning terang di daun serta daun menjadi berlekuk dan bertekstur keras.

8. Ulat Grayak
Hama ini hanya menyerang daun jabon pada malam hari. Sementara pada siang ulat grayak akan bersembunyi di tanah atau di bawah tanaman. Jabon yang diserang ulat grayak daunnya akan berlubang, bahkan bagi yang sudah parah hanya akan menyisakan batang daun saja.

9.Tikus
Hama ini merupakan hama yang paling banyak mengganggu tanaman petani. Jabon yang terkena serangan tikus bagian kulit batang atau bagian cabang akan terkelupas. Jika dibiarkan, jabon bisa kering dan mati.

Untuk Cara Penanggulangan Hama Penyakit Pada Tanaman Jabon akan kami bahas pada artikel berikutnya..

Incoming term:
Cara Penanggulangan Hama Penyakit Pada Tanaman Jabon

'>
Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA