Kamis, 29 April 2010

MARI SUKSESKAN SENSUS PENDUDUK 2010




Sensus penduduk Indonesia 2010 akan dilaksanakan serentak pada 1 Mei mendatang. Badan Pusat Statistis telah menyiapkan 700.000 petugas yang akan mendatangi penduduk untuk dicatat dalam sensus penduduk 2010.

Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan mengatakan, sensus penduduk ini penting karena Indonesia menempati negara keempat terbesar di dunia dalam jumlah penduduk. “Jika kita sukses akan memberikan kontribusi yang berarti bagi agenda-agenda PBB, terutama dalam menghitung jumlah penduduk dunia,” kata Rusman seusai rapat dengan lembaga-lembaga internasional yang ‘concern’ akan sensus Indonesia.

Lembaga internasional yang bermitra dengan BPS untuk sensus kali ini adalah yakni United Nations Fund for Population Activity (UNFPA), dan juga UNICEF serta WHO. Hasil sensus akan diolah secara cepat (quick count) dan dikirim kepada pusat database secara elektronik dimana akan bisa diakses melalui http://sensusindonesia.com.

Rusman menjelaskan, pada 2010 ini hampir semua negara melakukan sensus. Seperti di India, China, sebagian besar anggota ASEAN, dan Timor Leste. "Bahkan kita harus mengirimkan technical assistance ke Timor Leste untuk membantu pengambilan sensus penduduk disana,” kata Rusman.

Representatif UNFPA Zahidul Huque mengatakan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah mendukung banyak sensus pada 2010, bahkan menghimbau agar paling tidak setiap negara melakukan sensus antara 2005-2014.

“Kami telah menawarkan bimbingan teknis pada banyak negara, sedikitnya 40 negara. Ini termasuk dukungan atas desain sensus, dalam mengembangkan bentuk kuisioner, enumerasi akhir, penjaminan kualitas, dan pelatihan," kata Zahidul.(BI-2010)

'>
Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA